Misteri Puncak Andong Hingga Penampakan Perempuan Tanpa Kepala

Misteri Puncak Andong Hingga Penampakan Perempuan Tanpa Kepala

Misteri Puncak Andong Hingga Penampakan Perempuan Tanpa Kepala – Gunung Andong terletak di kawasan Giri Rejo, Ngablak Magelang Jawa Tengah. Termasuk dalam deretan gunung berapi namun sampai saat ini belum pernah meletus. Merupakan destinasi yang saat ini menjadi rujukan wajib destinasi pendakian gunung, walaupun ketinggian hanya 1.726 mdpl dan memiliki sudut berkisar 45 derajat.

Gunung ini tergolong pendek dengan jumlah puncak empat titik. Di mulai dari ujung barat ke ujung timur, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap – Alap dan yang tertinggi adalah Puncak Andong.

Sebuah kisah misteri sejak tahun 2015 yang hingga saat ini belum terungkap penyebabnya adalah mengenai perempuan tanpa kepala yang muncul di hutan Gunung Andong.

Menuju Puncak Andong

Bukan hal yang sulit untuk bisa ke kawasan Gunung Andong. Terlebih lagi jika anda memulai perjalanan atau melewati kawasan Kopeng Kota Salatiga. Gunung ini begitu populer di kalangan pendaki pemula karena tidak begitu tinggi.

Jalur pendakiannya memiliki kemiringan cenderung landau, tidak terjal sehingga mudah di tempuh. Di perkirakan para pendaki hanya membutuhkan waktu dua jam untuk bisa mencapai Puncak Andong dengan tidak banyak berhenti di sepanjang jalur pendakian.

Beberapa fakta mengenai Puncak Andong yang telah meluas di masyarakat sekitar Gunug Andong dan  sepertinya wajib anda tahu sebagai info sebelum anda melakukan pendakian sebagai berikut,

Fakta Puncak Andong

  • Pada hari Minggu tepatnya tanggal 4 Oktober 2015 ditemukan mayat perempuan di kaki Gunung Andong, tepatnya di area Dusun Kembangan, Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.

Karena kondisinya sudah membusuk dan penuh belatung, mayat tersebut sudah susah untuk dikenali. Terlebih lagi ternyata tubuh dan kepalanya terpisah dengan jarak sekitar 2,2 meter.

  • Sering terdengar teriakan perempuan minta tolong di Gunung Andong.
  • Pernah terjadi sebuah kebakaran di puncak Andong. Masih tersisa bekas kebakaran yang menghitam di kawasan Gunung Andong.
  • Beberapa pendaki Gunung Andong mengaku ada yang sering dicolek atau diganggu oleh makhluk halus. Jika ada yang sedang beristirahat, seolah – olah ada orang yang membangunkan seperti mencubit atau mengguncang-guncangkan tubuh.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Dipercaya Bawa Sial, Mitos 4 Pantangan yang Tak Boleh Dikerjakan di Bulan Suro

Cerita Legenda Keong Mas 


  • Katanya gunung adalah salah satu portal dimensi antara Nyata dan Maya. Jika ada dari para pendaki yang berlaku tidak sopan seperti berceloteh atau menghina tanah dan tumbuhan, maka bersiaplah untuk merasa gelisah dan tidak bisa istirahat dengan nyenyak.
  • Perjalanan menuju Gunung Andong anda akan melewati jalur yang dikenal dengan nama Jembatan Setan. Lebarnya hanya setengah meter.
  • Terdapat lokasi dikenal dengan nama Watu/Batu Pocong. Bebatuan disana memanjang dan melintang di sepanjang pendakian yang menyerupai pocong.
  • Terdapat lokasi keramat yaitu Makam Ki Joko Pekih. Merupakan tokoh ternama dengan nama asli Kyai Abdul Faqih.
  • Hingga saat ini, masyarakat sekitar Gunung Andong mengadakan ritual Perti Dusun di kawasan makam Ki Joko Pekih.
  • Nama Andong di ambil dari bentuk puncak yang seperti andong atau punuk sapi. Atau ada juga yang mengatakan bahwa Andong adalah nama daun yang biasanya dipakai untuk ritual selamatan, tirakatan atau ritual Jawa lainnya.
  • Banyak orang bersemedi di Gunung Andong. Oleh karena itu dinamakan dengan nama ‘Andong’ atau dari kata ‘Andongo’ yang berarti berdoa kepada Tuhan.
  • Mitos beredar jika seeorang yang memiliki niat buruk mendaki Gunung Andong, maka orang tersebut tidak akan sampai ke puncak, namun seolah turun dari arah puncak dan terus memutar.

Dibalik popularitas Puncak Andong sebagai destinasi pendakian, rupanya banyak cerita mistis yang berkembang di masyarakat. Meskipun begitu, Gunung Andong tetap menempati posisi istimewa di mata para pendaki gunung.