Indah Untuk Dikunjungi, 4 Pantai Selatan yang Terkenal Mitos Mistisnya

Indah Untuk Dikunjungi, 4 Pantai Selatan yang Terkenal Mitos Mistisnya

Indah Untuk Dikunjungi, 4 Pantai Selatan yang Terkenal Mitos Mistisnya – Pesisir selatan di pulau jawa selalu memilik daya tarik dalam hal wisata, salah satunya ialah wisata pantai, walaupun pesisir selatan Jawa yang terkenal sering dikaitkan dengan mitos Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul dan sebagainya. Benar atau tidaknya mitos tersebut tidak ada yang tahu pasti. Tetapi hal yang bisa dipastikan benar tentunya keindahan pantainya.

Namun tahukah anda, berikut ini empat pantai selatan di Pulau Jawa yang terkenal mitos mistisnya, namun harus diacungi jempol ! Saking indahnya, kamu tidak akan peduli meski ada mitos mistis di pantai tersebut.

4 Pantai Selatan yang Terkenal Mitos Mistisnya, tapi Indah Banget

Pantai Pangandaran

Salah satu pantai yang berlokasi di Selatan Jawa Barat ini menjadi salah satu destinasi paling “seksi” untuk wisata keluarga kala liburan, warga sekitar selalu mengingatkan untuk tidak mandi di pantai tersebut, bila melanggar, makan akan mendapatkan musibah.

Zaman dahulu, Raja Padjajaran memiliki seorang istri simpanan yang sedang hamil. namu sang raja tidak menginginkan kehamilan tersebut, raja kemudian menyuruh pengawal istana untuk membuang istri simpanannya ke hutan.

Istri simpanan raja sangat sedih, kemudian berjalan ke pantai di Selatan lalu mencoba bunuh diri di sana. Namun, ia diselamatkan dan diangkat menjadi anak Ratu Laut Kidul. Nama istri simpanan Raja Padjajaran berubah menjadi Roro Kidul. Konon, ia selalu mencari orang lain untuk dijadikan sebagai temannya. Jika ada yang ada mandi di pantai tersebut dan terseret ombak, banyak yang dipercaya telah diambil oleh Nyi Roro Kidul.

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai ini sudah terkenal seantero Indonesia. Salah satu hal mistis disana ialah Hotel disekitar pantai tersebut, Di sana terdapat sebuah kamar, yakni kamar nomor 308, yang dipercaya sebagai kamar Nyi Roro Kidul. Kamar tersebut menjadi salah satu daya tarik Pantai Pelabuhan Ratu yang mengundang rasa penasaran para wisatawan.

Mulai dari bantal, tempat tidur, dinding, hingga kursi di kamar tersebut menggunakan warna hijau. Masyarakat percaya bahwa Nyi Roro Kidul memang sangat fanatik dengan warna hijau.

Pantai Petanahan

Berlokasi di daerah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Karanggadung. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati wisatawan, terutama anak muda.

Namun yang perlu diketahui, pantai tersebut tergolong dalam pantai berombak besar. Ketinggian ombak yang dihasilkan mencapai 5 meter. Masyarakat sekitar juga percaya, wisatawan tidak boleh mengenakan baju hijau gadung saat berkunjung. Karena akan mengundang datangnya ombak besar secara tiba-tiba, lalu menyeret wisatawan tersebut hingga ke dalam laut.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis mungkin merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Pulau Jawa. Berlokasi di Yogyakarta, pantai ini selalu masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Alasan lain yang menjadi daya tarik Pantai Parangtritis berkaitan dengan mitos yang beredar bahwa wisatawan yang datang tidak diizinkan memakai baju warna hijau. Hampir sama dengan pantai selatan lainnya, Parangtritis dipercaya memiliki penghuni mistis, yaitu Nyi Roro Kidul. Bila wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis dan pakai baju hijau akan diseret ombak suruhan Nyi Roro Kidul, karena penghuni pantai disana sangat senang dengan warna tersebut.

Itulah tadi keempat pantai di selatan jawa yang terkenal mitos mistisnya dan memiliki pemandangan indah, semoga bermanfaat bagi kita semua.