Mitos Jawa Tentang Ibu Hamil, 7 Larangan Keras yang Masih DIpercayai

Mitos Jawa Tentang Ibu Hamil, 7 Larangan Keras yang Masih DIpercayai

Mitos Jawa Tentang Ibu Hamil, 7 Larangan Keras yang Masih DIpercayai – Suku dan budaya Jawa memang sangat kental akan adat istiadat dan kepercayaan nenek moyangnya. Banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat bahkan masih dipercaya hingga saat ini. Orang jawa pun melarang berbagai hal, termasuk pada seorang wanita hamil. Banyak aturan dan larangan bagi ibu hamil ini, tentunya untuk kebaikan si ibu hamil itu sendiri.

Namun, apakah Mitos Jawa Tentang Ibu Hamil ini masih Anda percayai hingga kini? Yuk simak mitos apa sajakah yang ada dalam budaya Jawa bagi orang yang sedang hamil. Berikut selengkapnya!

7 Mitos Jawa Tentang Ibu Hamil, Jangan Lakukan ini

  1. Wanita hamil dilarang duduk di tengah pintu rumah karena menurut mitos Jawa, duduk di tengah pintu ini akan membuat proses kelahiran susah serta menyakitkan.
  2. Menurut adat Jawa, wanita hamil dilarang merendam pakaian kotor terlalu lama. Ini dipercaya bisa membuat kaki ibu hamil bengkak dan terasa berat.
  3. Tidak diperkenankan bagi ibu hamil untuk membunuh segala macam hewan. Suami wanita ini juga dilarang membunuh hewan karena dipercaya bisa membuat janin di kandungan cacat atau bahkan gugur.
  4. Wanita hamil dilarang bergumam atau “mbhatin” tentang sesuatu hal yang dirasa cukup aneh. Ini dipercaya akan membuat bayi yang dikandung mengalami hal serupa dengan apa yang digumamkan ibunya.
  5. Suami wanita yang sedang hamil dilarang memancing atau pun berburu hewan apapun itu. Menurut mitos Jawa, suami yang memancing atau berburu bisa menyebabkan bayi di dalam kandungan cacat atau sumbing.
  6. Menurut adat Jawa, wanita yang sedang hamil dilarang menjahit kain dengan jarum secara manual. Orang tua zaman dulu percaya jika aktivitas menjahit bisa menyebabkan bayi lahir cacat.
  7. Wanita yang sedang hamil dilarang membakar peralatan bayi atau peralatan untuk membersihkan tubuh seperti bungkus sabun, tisu dan sejenisnya. Orang tua zaman dulu percaya jika membakar benda-benda ini bisa membuat kulit bayi ruam bahkan seperti terbakar.

Masih percayakah anda dengan Mitos Jawa Tentang Ibu Hamil ini? Memang aneh, tapi jika dinalar dengan logika ada benarnya juga. Semua hal yang dilarang tersebut memang bisa membawa dampak buruk bagi si ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Sebab itu mitos adalah hal yang sebenarnya logis, hanya saja dikaitkan dengan hal hal mistis.

143 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini