Kalian Perlu Tahu, Berikut Ini 7 Mahluk Mitologi Yunani Yang Terkenal

Kalian Perlu Tahu, Berikut Ini 7 Mahluk Mitologi Yunani Yang Terkenal

Kalian Perlu Tahu, Berikut Ini 7 Mahluk Mitologi Yunani Yang Terkenal – Kisah mitologi, terutama Yunani memang selalu menarik untuk diikuti. Tak hanya memiliki cerita yang seru, kisah kuno mengenai pahlawan dan para dewa-dewi juga selalu memiliki daya tarik tersendiri. Termasuk cerita tentang monster-monster yang gahar dan menyeramkan.

Dari raksasa kuda bersayap hingga anjing berkepala tiga, berikut ini tujuh mahluk mitologi Yunani terkenal yang kalian tahu.

Mahluk Mitologi Yunani Yang Terkenal

Centaurus

Centaurus merupakan makhluk mitologi dengan ciri-ciri kepala, lengan dan torso berupa manusia  dan memiliki kaki-kaki dan tubuh layaknya seekor kuda. Dalam mitologi Yunani, Centaurus terkenal usahanya menghasut pertarungan dengan bangsa Lapith. 

Centaurus paling terkenal di mitologi Yunani adalah Chiron. Ia terkenal akan kecerdasan dan kemampuan medisnya sangat berlawanan dengan sifat umum yang dimiliki Centaurus pada umumnya yaitu suka kekerasan dan minum minuman keras secara berlebihan.

Cerberus

Merupakan sosok iblis anjing besar berkepala tiga yang menjaga pintu masuk dunia bawah. Siapapun yang telah menyeberangi sungai Styx tidak akan bisa kabur. Karena adanya anjing tersebut. Cerberus juga merupakan anjing penjaga setia milik Hades.

Cerberus paling terkenal dalam kisah tugas Hercules. Dalam tugasnya yang terakhir, Hercules harus masuk ke dunia bawah dan bergulat dengan Cerberus tanpa senjata, hingga kemudian membawanya ke dunia manusia dalam keadaan hidup dan memberikannya pada raja Eurystheus.

Empusa

Tidak terlalu terkenal jika dibandingakan dengan legenda Yunani, Empusa digambarkan sebagai wanita cantik yang mampu berubah menjadi makhluk bergigi tajam, berambut api dan bersayap kelelawar. Menurut cerita, ia adalah makhluk setengah dewi di bawah kontrol dewi Hecate.

Empusa akan menggoda pria muda yang melakukan perjalanan sendirian. Ketika pemuda tersebut tertidur, makhluk tersebut akan berubah ke wujud aslinya untuk memakan daging korbannya dan meminum darahnya. 

Griffin

Griffin adalah makhluk dalam legenda dengan tubuh, ekor, dan kaki belakang dari singa serta kepala, sayap, dan kaki depan elang. Karena terbentuk dari dua makhluk agung, yakni raja binatang buas dan raja para burung, griffin dianggap memiliki kecerdasan dan keagungan yang sangat tinggi.

Dulu, griffin dianggap sebagai simbol kekuatan agung dan sebagai penjaga keagungan. Hippogriff memiliki kesamaan fisik dan sikap dengan Griffin. Hippogriff digambarkan sebagai keturunan dari griffin jantan dengan kuda betina. Karena inilah, mereka punya sifat yang lebih lembut dan lebih mudah untuk dijinakkan. Di zaman dulu, ksatria naik hippogriff dalam peperangan.

Pegasus

Pegasus adalah kuda putih bersayap di mitologi Yunani. Pegasus adalah saudara dari Chrysador dan ia lahir ketika ibunya dimutilasi oleh Perseaus. Setelah kelahirannya, ia naik ke surga dan mengabdi pada Zeus, raja segala dewa. Zeus kemudian menugaskannya untuk membawa petir dan kilat dari Olympus. Pegasus terkenal menciptakan Hippocrene, mata air di gunung Helicon. Selain itu, ia juga membawa Bellerophon, seorang pahlawan Yunani untuk menaikinya dalam pertarungan melawan Chimera. Setelah kematiannya, Zeus mengubah Pegasus menjadi formasi bintang Pegasus dan meletakkannya di langit.

Siren

Siren adalah makhluk wanita yang memikat para pelaut dengan suara dan musik mereka yang indah sehingga membuat mereka menabrak garis pantai yang berbatu dan tenggelam. Siren biasanya digambarkan sebagai burung berkepala wanita. Di awal seni Yunani, Siren digambarkan sebagai seekor burung dengan kepala yang sangat besar, bulu, serta kaki bersisik. Namun ia kemudian digambarkan sebagai wanita tanpa sayap dengan kaki dari burung dan terlihat memainkan alat musik terutama harpa.

Sphinx

Sphinx adalah monster dengan tubuh singa, sayap elang, dan wajah seorang wanita. Terkenal dengan perilakunya yang licik dan tanpa belas kasihan serta kebiasaan mengerikan, yakni memakan mereka yang tidak bisa menjawab teka-tekinya dengan benar.

Itulah ketujuh mahluk mitologi  Yunani yang terkenal