Mitos Dibalik Lagu Jelangkung, Mantra Pemanggil Roh Halus

Mitos Dibalik Lagu Jelangkung, Mantra Pemanggil Roh Halus

Mitos Dibalik Lagu Jelangkung, Mantra Pemanggil Roh Halus – Menurut Wikipedia, Jelangkung atau Jailangkung adalah permainan tradisional yang bersifat ritual supernatural. Umumnya dilakukan ketika akan memanggil sosok supernatural.

Memainkannya harus menyiapkan sebuah media untuk menampung roh halus, dan di dalam permainan ini menggunakan sebuah gayung air dari tempurung kelapa. Tempurung kelapa tersebut didandani menggunakan pakaian dan ditambahkan gagang batang kayu.

Ternyata penamaan ‘Jailangkung’ ini memiliki hubungan dengan kepercayaan tradisional Tionghoa yang saat ini telah punah. Masyarakat Tionghoa melakukan ritual tersebut untuk memanggil nenek moyang dewa pelindung anak – anak.

Permainan Jailangkung biasanya dilakukan tiga orang (dua orang memegang boneka jailangkung, satu orang membaca mantra). Dan biasanya dilakukan di tempat angker di saat senja.  Biasanya dilakukan dengan mempersiapkan jangka dan menggambar lingkaran lengkap dengan huruf  abjad yang diiringi dengan mantra tersebut.

Karena permainan ini cenderung bersifat ritual, maka seolah – olah kita akan diajak berkomunikasi dengan roh halus. Permainan yang awalnya untuk sekedar bermain ini akhirnya berkembang dengan banyak mitos, misalnya mitos kesurupan jika memainkan permainan ini dan kemudian di akhiri tanpa melepas atau pamit dengan roh halus yang telah masuk ke dalam boneka jailangkung.

Lagu Jelangkung Dengan Bermacam Versi

  • Versi Indonesia

“Jelangkung jelangsat, Disini ada pesta, Pesta kecil – kecilan

Jelangkung jelangsat, Datang tidak di undang, Pergi tidak di antar”

Dunia perfilman Indonesia juga sudah sering membuat remake dari kisah permainan Jailangkung dengan mantra – mantra mistis didalam adegannya. Salah satunya ada yang menggunakan mantra berbeda, “datang gendong, pulang bopong”. Yang di artikan sebagai pernyataan bahwa siapapun yang memainkan jailangkung harus memulangkannya engan cara di bopong.

  • Versi Jawa

“Sluku-sluku bathok, bathok’e ela-elo Si romo menyang solo,

oleh-oleh’e payung muntho Mak jenthit lo-lo lobah,

wong mati ora obah Yen obah medheni bocah”

Ada pula mantra dengan tradisi Kejawen,

Hong…(…)…ilaheng,heh jagad alusan roh gentayangan,jaelangkung jaelengsat siro(…),ning kene ono(…),siro (…)angslupo,yen siro teko(…) wenehono tondo,(…),Hayo enggalo teko…hayo ndang angslupo(…).”

Bagian titik – titik masih belum begitu jelas di isi nama atau kata – kata lain.

  • Versi Tionghoa

Thai lam sin, thai lam fa… Pat nyet sip ng chiang nyi ha loi kau jit ja…oi loi tu loi, ng ho jit sin khi ngoi ngoi… oi hi tu hi, ng ho jit sin ta liong thi… cuk jap co son pun nyi cho, ten sim tham khiau pun nyi ko thai pa so si oi nyi nak, se pa so si oi nyi jung kim ci hiong cuk chiang nyi loi, kim ci hiong cuk chiang nyi con.”

  • Versi English

“Cay Lan Kung, ‘Cay Lan Tse’ On the 15th day of the 8th lunar month I invite you to descend to play for 1 night If your’re willing, please come down. Do not just standstill. If wish to go then go, do not rebel bamboo leaves built ship for you to aboard, rows of lanterns become bridge for pass through Big key you can hold, small key you can use Joss paper, incense and candles to invite you to come, joss paper, incense and candles to invite you to leave”


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :


Beberapa Hal Yang Menjadi Mitos Setelah Bermain Jelangkung

  • Berurusan Dengan Makhuk Halus.

Siapapun yang berani memainkannya harus bertanggung jawab untuk memulangkannya kembali. Bagian memulangkan inilah yang perlu di lakukan dengan hati – hati, karena ketika prosesnya kurang sempurna atau di anggap kurang sopan, akan menjadi masalah bagi orang yang memainkannya.

  • Mendapat Teror Makhluk Halus

Karena permainan ini sudah seperti beralih fungsi menjadi ritual pemanggilan arwah dan teman – temannya, maka siapapun yang bermain akan memiliki kemungkinan besar menerima terror dari makhluk halus. Parahnya jika mental dan jiwa tidak kuat bisa berakibat fatal pada kesehatan jiwa bahkan hingga gila.

  • Kesurupan

Kemungkinan kesurupan adalah hal yang kecil jika para pemain atau salah satu pemain memiliki iman lemah.

  • Masuk Dalam Dunia Ghaib

Permainan ini di anggap menuntut konsekuensi tinggi bagi para pemainnya, karena berani memanggil mereka yang ada di alam ghaib dating untuk menemui mereka. Jika makhluk ghaib yang dipanggil merasa kurang berkenan, maka permainan tersebut bisa berubah seketika menjadi gerbang menuju alam gaib.

  • Taruhan Nyawa

Klimaks dari permainan ini dipercaya bisa sampai meminta tumbal sebelum arwah kembali ke alamnya. Maka besar kemungkinan salah satu pemain akan dikorbankan.

          Mana versi lagu yang menurut anda paling mengerikan? Apakah benar deretan mitos mengenai lagu jelangkung?

Demikianlah mengenai mitos dari permainan jailangkung dan hal mistis di balik mantra yang diucapkan dengan bernyanyi di dalamnya.