Fakta Menarik Hippocrates, Dokter Pemisah Ilmu Medis Dari Takhayul

Fakta Menarik Hippocrates, Dokter Pemisah Ilmu Medis Dari Takhayul

Fakta Menarik Hippocrates, Dokter Pemisah Ilmu Medis Dari Takhayul – Hippocrates merupakan seorang dokter Yunani Kuno yang lahir sekitar tahun 460 SM di Kos, sebuah pulau Aegean. Dianggap banyak orang sebagai Bapak Kedokteran, dengan pemikirannya banyak mempengaruhi ilmu kedokteran, termasuk mengubah kepercayaan masyarakat Yunani saat itu, dimana mereka percaya bahwa penyakit disebabkan oleh dewa atau roh.

Dan dirinya juga telah menghasilkan banyak karya, di antaranya masih dijadikan referensi dalam perkembangan ilmu kedokteran hingga saat ini. Terdapat fakta menarik mengenai Hippocrates, dokter pemisah ilmu medis dari takhayul, inilah beberapa fakta yang perlu anda tahu.

Fakta Menarik Hippocrates

Dokter Hebat Yang Berasal dari Yunani Kuno

Hippocrates ialah seorang dokter Yunani, dikenal sebagai Bapak Kedokteran dan dianggap sebagai dokter terhebat pada masanya. Hidup pada tahun antara 460 sampai 377 SM. Dan Ayahnya adalah seorang dokter dan pendeta di Asclepion di Kos.

Membuat Suatu Revolusi

Hippocrates juga merupakan orang yang pertama kali mengatakan bahwa gagasan, pikiran, dan perasaan tidak datang dari hati, tetapi dari otak. Konsep ini sangatlah revolusioner pada zamannya. Yang dimana sangat berlawanan pada saat itu, mereka percaya bahwa penyakit datang berasal dari para Dewa.

Mencetuskan Penggolongan Istilah Medis

Hippocrates juga merupakan tokoh yang pertama kali membuat penggolongan penyakit sebagai akut, kronis, endemik, ataupun epidemi. Dan dia juga memasukkan sejumlah istilah medis baru pada masanya, seperti kambuh, krisis, resolusi, dan eksaserbasi. Istilah ini dipakai hingga sekarang di dunia kodekteran.

Membantah Suatu Kaitan Penyakit Dengan Takhayul

Hippocrates adalah orang pertama yang memisahkan obat dari takhayul. Dia percaya bahwa di balik setiap penyakit, terdapat penjelasan yang rasional dan menolak pandangan, yang dimana saat itu menyatakan bahwa penyakit merupakan akibat dari ketidaksukaan para dewa atau kepemilikan oleh roh-roh jahat, dan pendapat ini dapat dipatahkan oleh Hippocrates dengan pemikirannya yang rasional dan bukti-bukti terkait.

Menjelaskan Tentang Suatu Penyakit Secara Detail

Hippocrates percaya bahwa tubuh harus diperlakukan sebagai satu bagian yang menyeluruh dan bukan hanya serangkaian bagian. Kemudian dia adalah orang pertama yang secara akurat menggambarkan gejala-gejala penyakit.

Beberapa di antaranya, seperti gejala pneumonia, epilepsi pada anak-anak, jari tabuh atau yang sekarang dikenal sebagai Jari Hippocrates, diagnostik penting dari berbagai penyakit termasuk infeksi paru-paru kronis, kanker paru-paru, sirosis hati.

Itulah tadi beberapa fakta seputar Hippocrates yang perlu anda ketahui, berkembangnya ilmu pengetahuan, Hippocrates berani membuat gebrakan dan mengubah kepercayaan masyarakat yang sudah dipercaya selama berabad-abad.

Semoga bermanfaat untuk anda semua.