Bikin Bulu Kuduk Merinding! Berikut 4 Fakta Makhluk Mitos Vampir atau Drakula

Bikin Bulu Kuduk Merinding! Berikut 4 Fakta Makhluk Mitos Vampir atau Drakula

Bikin Bulu Kuduk Merinding! 4 Fakta Makhluk Mitos Vampir atau Drakula – Percaya akan vampir atau drakula? Kebanyakan dari anda mungkin mengetahui vampir ini dari film-film produksi Hollywood.

Namun, belum adanya bukti sahih tentang keberadaan Vampir. Menyebabkan vampir hanya sebatas cerita dongeng atau mitos yang lahir dari tanah Eropa. Tapi tahukah anda, berikut ini empat fakta tentang makhluk mitos vampir atau drakula yang perlu anda tahu.

Sejarah Asal Munculnya Cerita Vampir

Tepatnya pada abad ke-16, Eropa bukanlah sebuah benua dengan negara-negara maju seperti sekarang. Segala macam takhayul ada di sana, salah satunya legenda tentang vampir.

National Geographic mencatat bahwa pada 2006 silam, ilmuwan dan arkeolog menemukan tengkorak dari jenazah yang dikuburkan pada abad ke-16 silam di Italia. Dimana jenazah tersebut dikuburkan dengan cara yang tak lazim.

Ini dilakukan karena adanya kepercayaan bahwa mayat yang dicurigai bekas tukang sihir akan bangkit kembali sebagai makhluk pengisap darah.

Vampir atau Drakula Memang Ada

Lahir dari kisah Vlad III Dracul sang penyula (Vlad the Impaler) yang merupakan kisah nyata tentang kekejaman seorang Pangeran Wallachia yang berkuasa di beberapa bagian Eropa, terutama Bucharest, Rumania.

Vlad III Dracul memiliki metode sadis dan sangat psikopat, dimana ia jadikan salah satu strategi dalam sebuah peperangan darat, yakni kerap melakukan pembunuhan dan penyiksaan terhadap musuh-musuhnya.

Cara yang paling terkenal ialah adalah dengan menusuk tubuh musuh dengan tombak panjang dan dibiarkan berdiri selama berhari-hari. Sangat efektif, sehingga membuat pihak musuh ketakutan dan akhirnya musuh dapat dipukul mundur.

Ada Sebuah Kelainan Langka, Yaitu Sindrom Vampir

Porfiria (porphyria) adalah sindrom langka yang gejalanya mirip dengan vampir. Penderita sindrom ini terlalu peka dan sensitif terhadap sinar matahari, dimana membuat tubuh mereka mengalami luka yang cukup serius apabila terpapar sinar matahari secara langsung.

Penyebab penyakit langka ini timbul karena pembentukan heme dalam sel darah merah yang tidak sempurna. Heme sendiri adalah sejenis zat protein yang dapat mengikat zat besi dan oksigen dalam darah.

Bram Stoker, Bapaknya Novel Dracula

Hampir seluruh ide atau cerita dalam dunia perfilman, khususnya Hollywood terpengaruh oleh cerita dalam buku yang ditulis oleh Bram Stoker. Bram Stoker sebenarnya bukanlah lulusan Sastra, melainkan lulusan Matematika di Trinity College Dublin, Irlandia.

Biography menuliskan bahwa Bram Stoker memulai menulis dengan karya pertamanya berjudul The Primrose Path pada 1875. Dua tahun kemudian, ia menerbitkan sebuah karya yang sangat terkenal hingga kini, yakni novel berjudul Dracula. Novel berjudul Dracula inilah yang dijadikan cikal bakal cerita-cerita horor vampir di dunia barat.

Itulah empat fakta makhluk mitos vampir atau drakula yang bisa menambah wawasan anda. Fakta mana yang paling mengejutkan ? semoga bermanfaat.