Fakta Menarik Lawang Sewu Semarang Yang Kamu Belum Tahu

Fakta Menarik Lawang Sewu Semarang Yang Kamu Belum Tahu

Fakta Menarik Lawang Sewu Semarang Yang Kamu Belum Tahu – Lawang Sewu menjadi obyek wisata favorit bukan hanya di kota Semarang, namun juga di Jawa Tengah. Letaknya sangat mudah di akses yaitu di dekat bundaran Tugu Muda Semarang.

Bangunan penuh sejarah ini sudah berdiri lebih dari seratus tahun, tetapi kemegahannya masih sangat terjaga. Bangunan penuh sejarah ini tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan, namun juga sebagai destinasi favorit untuk penyuka misteri bahkan untuk foto pre-wedding.

Bangunan penuh sejarah ini juga bukan hanya ramai dikunjungi saat siang namun juga tak sedikit wisatawan yang datang saat malam. Meskipun terlihat megah dari luar, Lawang Sewu menyimpan banyak fakta menarik yang tak banyak diketahui orang.

Fakta Lawang Sewu 

  • Lawang Sewu adalah gedung bersejarah yang dulu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907 ini terletak di bundaran Tugu Muda, dahulu disebut Wilhelminaplein.
  • Nggak cuma bangunan pemerintahan Belanda, Lawang Sewu rupanya juga beralih menjadi penjara paling kejam pada masa penjajahan Jepang.
  • Arsitektur bangunan Lawang Sewu didesain oleh arsitek Eropa. Bahan bangunannya yang digunakan juga langsung didatangkan dari Eropa.
  • Sumur tua yang ada di halaman gedung Lawang Sewu konon kerap terdengar suara teriakan, kesakitan, ketakutan. Padahal sumur tersebut dalam keadaan dikunci dan tidak pernah dibuka sudah sejak lama.
  • Ada penjara serta bunker yang memiliki lorong yang disebut dengan lorong hantu. Menurut masyarakat setempat, jika kamu berdiam dan jongkok di sana, dia akan bisa melihat bayangan berbentuk manusia dengan mata berwarna hijau menyala yang berjalan dengan merangkak.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Dibalik Keindahan Candi Ratu Boko, Inilah Kisah Mistis Didalamnya

Awas, 3 Arti Mimpi Meninggal Ternyata Panjang Umur 

  • Di ruang penjara berdiri yang ada di Lawang Sewu sering tercium aroma-aroma aneh dan misterius, seperti bau anyir darah segar.
  • Penampakan tangan hitam besar, pocong dengan wajah yang rusak dan bayangan putih yang bisa menembus tembok beberapa kali terlihat di pintu gerbang besar sebelum menuju ke ruangan utama
  • Lawang Sewu artinya “pintu seribu”, tapi sebenarnya jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Jumlah lubang pintu di Lawang Sewu ternyata hanya 429 buah, dengan daun pintu lebih dari 1.200 (beberapa pintu memiliki dua daun pintu, bahkan empat daun pintu).
  • Lawang Sewu masuk dalam daftar bangunan paling angker kedua se-Asia oleh CNN dan nomor 8 se- Asia oleh Traveloka Team.
  • Pada tahun 2013 digelar acara Dunia Lain di Lawang Sewu dan disiarkan di televisi. Peserta uji nyali meninggal dunia, tiga hari setelah ikut acara tersebut.

Fakta Penting Di Balik Megahnya Lawang Sewu

Pada Masa Penjajahan Belanda Lawang Sewu menjadi pusat perkereta api, namun beralih menjadi penjara paling kejam pada masa penjajahan Jepang. Jika kamu adalah pecinta wisata sejarah pasti kamu tahu hal-hal kelam yang tersimpan di Lawang Sewu. Pada saat pendudukan Jepang, Lawang Sewu dikuasai oleh Jepang.

Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) pun berusaha untuk mengambil alih kereta api, pertumpahan darahpun tidak bisa dihindari. Lawang Sewu menjadi saksi pertumpahan darah Pemuda dan tentara Jepang, dan menjadi alasan mengapa dibangun sebuah monumen bernama “Tugu Muda”.

Para pemuda yang meninggal pada saksi pertumpahan dengan tentara Jepang dimakamkan dihalaman Lawang Sewu, namun pada tahun 1975 5 jenazah pemuda ini dipindahkan di makam pahlawan. Untuk memperingati gugurnya pemuda ini dalam perang lima hari, dibangunlah Tugu Muda di depan Lawang Sewu.

Demikianlah fakta menarik Lawang Sewu Semarang yang setidaknya harus kamu tahu ketika kamu akan mengunjungi bangunan bersejarah ini.