Mengenal Sosok Ratu Kerajaan Mistis Di Nusantara Yang Terkenal

Mengenal Sosok Ratu Kerajaan Mistis Di Nusantara Yang Terkenal

Mengenal Sosok Ratu Kerajaan Mistis Di Nusantara Yang Terkenal –  Tak bisa dipungkiri, Indonesia sudah dikenal dengan budayanya, salah satunya ialah budaya yang berbau mistis, termasuk ratu mistis yang dipercaya hingga kini, banyak yang penasaran akan sosok-sosoknya. Baik terkenal akan kecantikannya maupun aura mistisnya. Berikut ini sosok ratu kerajaan mistis di Nusantara yang terkenal yang perlu anda ketahui.

Nyi Blorong

Nyi Blorong merupakan salah satu sosok mistis yang cukup disegani, pada zaman dahulu, hidup seorang putri Nyimas Dewi Anggatasari, yang dimana ia diusir dari kerajaan lalu tersesat dan tak sengaja memasuki gerbang kerajaan Nyi Roro Kidul, kemudian Nyi Roro Kidul memberikan kesaktian, seketika ia dikenal sebagai Nyi Blorong.

Dengan kesaktian Nyi Blorong, membuat banyak orang-orang pada masa lalu mencari pesugihan kepadanya, tentunya ada harga yang dibayar jika meminta kekayaan kepadanya.

Nyai Gadung Melati

Dipercaya sebagai ratu yang melindungi Gunung Merapi, Nyai Gadung Melati dipercaya sebagai pelindung Gunung Wutoh yang merupakan gerbang memasuki kerajaan mistis di Gunung Merapi. Beberapa orang percaya, jika Nyai Gadung Melati kerap muncul dalam para warga untuk menyampaikan pesan buruk, baik berupa bencana atau hal lainnya.

Nyi Rantamsari

Merupakan saudara Nyi Roro Kidul yang kemudian memimpin Pantau Utara Jawa dan dikenal sebagai Dewi Lanjar dan biasa dikaitkan dengan berbagai peristiwa misterius. Menurut versi yang berbeda, pada zaman dahulu di Pekalongan, terdapat wanita anggun bernama Dewi Rara Kuning, karena hidupnya penuh penderitaan karena ditinggal suaminya saat masih muda.

Nyi Roro Kidul

Terkenal dengan ratu mistis yang berkuasa di laut selatan, sudah banyak cerita mengenai sosok Nyi Roro Kidul, salah satunya ketika runtuhnya kerajaan dari Prabu Siliwangi, ia memilih untuk menceburkan diri ke dalam laut, namun karena miliki ilmu yang sangat sakti, kemudia ia mengubah dirinya menjadi makhluk halus.

Dan hal terkenal selai itu adalah Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau, jika ada yang berkunjung ke Pantai Selatan mengenakan pakaian berwarna hijau, Nyi Roro Kidul akan menampakkan dirinya.

Ratu Junjung Buih

Memiliki kuasa di Selat Karimata, sosok ratu ini dikenal dengan Raju Junjung Buih, alkisah di kerajaan Amuntai di Kalimantan yang dipimpin oleh 2 saudara, mereka dikenal Raju Tertua dan Raja Muda, dimana sang Raja Tua melakukan pertapaan untuk meminta keterunan, saat pulang, ia menemukan seorang anak terapung di lautan.

Ternyata bayi tersebut bisa bicara dan meminta untuk menenunkan selembar kain seta sehelai selimut, yang diselesaikan setengah hari dan meminta dijemput dengan 40 wanita cantik, lalu raja memberinya nama Junjung Buih yang memiliki arti putri yang ditemukan dalam buih raksasa.

Demikian sosok ratu kerajaan mistis di Nusantara yang terkenal, semoga bermanfaat bagi kita semua.