Mitos Jumlah Neptu Yang Tidak Boleh Menikah Menurut Primbon Jawa Kuno

Mitos Jumlah Neptu Yang Tidak Boleh Menikah Menurut Primbon Jawa Kuno – Dalam adat Jawa, sebelum kedua orang melangsungkan pernikahan maka ada beberapa proses yang harus dilakukan yaitu salah satunya yang paling penting adalah perhitungan weton. Weton kedua mempelai harus dihitung dan dicocokkan, mengapa? Hal ini ternyata menurut adat Jawa sangat berpengaruh pada kelangsungan rumah tangga keduanya juga berpengaruh pada hubungan kedua keluarga. Nah, mitos yang beredar ternyata ada jumlah neptu yang tidak boleh menikah.

Mitos tentang jumlah neptu yang tidak boleh menikah inilah yang kadang membuat kedua mempelai takut melangkah ke pelaminan. Kadang, ada dua insan yang siap menikah dan saling mencintai namun pernikahan mereka terhalang oleh hitungan weton. Hal inilah yang kadang menjadi kontroversi di kalangan masyarakat. Entah percaya atau tidak yang pasti ada beberapa jumlah neptu yang tidak boleh menikah dalam adat Jawad an terbukti membawa nasib buruk jika dilanggar.

jumlah neptu yang tidak boleh menikah itu berapa saja sih? Dalam artikel ini akan kami bahas secara lengkap untuk anda. Mari baca seterusnya!

Jumlah Neptu Yang Tidak Boleh Menikah

Ada beberapa jumlah neptu yang tidak boleh menikah yang ada dalam primbon Jawa Kuno, dan berikut adalah jumlah neptu tersebut :

Jumlah Neptu 25

Ternyata jika kedua mempelai wetonnya dijumlah dan ketemu 25 maka pernikahan ini dilarang dalam adat Jawa. Jika hal ini dilanggar dan kedua pasangan tetap menikah maka salah satu orang tua akan meninggal. Percaya tak percaya tapi mitos ini sudah terlanjur dipercaya masyarakat dan banyak yang sudah membuktikannya. Meski pada beberapa kasus mitos ini tidak terjadi.

Jumlah neptu yang tidak boleh menikah ini menjadi tantangan bagi kedua pasangan pengantin untuk mencari solusi terbaik. Biasanya jika keduanya yakin tak akan terjadi dan pasrah pada yang Maha Kuasa justru mitos menakutkan ini tak terjadi. Bahkan ada sebuah solusi mudah yaitu melakukan ruwatan pengantin untuk menghindari sengkala / kesialan karena jumlah weton terlarang ini.

Misalnya weton pasangan ketemu 25 adalah Minggu Kliwon – Senin Kliwon, Minggu Wage – Kamis Kliwon, Senin Wage – Minggu Kliwon, Jumat Legi – Sabtu Legi, Minggu Legi – Jumat Pahing, Jumat Pon  – Selasa Pahing, Rabu Wage – Sabtu Legi dan masih banyak lagi weton jodoh yang ketemu 25 jika dijumlahkan.

Jumlah Neptu 26

Jumlah neptu yang tidak boleh menikah beriktunya adalah 26. Bila kedua calon pengantin memiliki neptu weton yang bertemu 26 jika dijumlah maka mitos Jawa Kuno mengatakan bahwa pernikahan keduanya sangatlah berat. Akan mengalami rintangan yang teramat berat dari segi apapun. Perjalanan terjal akan menghiasai keluarga mereka ke depannya.

Untuk jumlah neptu 26, istilahnya adalah Satrio Penantang, atau Beddu dan banyak istilahnya, yang menyatakan bahwa apapun alasannya pernikahan dengan jumlah neptu 26 adalah TIDAK BOLEH menurut adat Jawa. Jumlah neptu yang tidak boleh menikah ini misalnya antara weton Kamis Wage – Jumat Kliwon, Minggu Legi – Rabu Pahing, Minggu Wage – Kamis Pahing, Sabtu Wage – Jumat Pon, Jumat Legi – Jumat Pahing, Rabu Kliwon – Senin Pon, Kamis Pahing – Senin Legi, Selasa Kliwon – Kamis Pon, dan lain sebagainya.

Weton Wage Pahing

Selain Jumlah neptu yang tidak boleh menikah, jenis pasaran dari hari kelahiran juga dilarang untuk menikah dalam adat Jawa. Misalnya, pasaran Wage dan Pahing. Dalam adat jawa dikatakan pernikahan wage pahing selalu dihiasi dengan perdebatan. Keluarga mereka tak akan harmonis karena sering bertengkar.

Banyak sekali pasangan yang gagal menikah hanya karena weton mereka yang berseberangan. Weton Wage dan Pahing adalah weton terlarang menikah karena dipercaya kedua weton tersebut memiliki prinsip berseberangan sehingga akan terus mengalami cek cok jika dipaksakan untuk menikah. Keduanya akan saling berbeda pendapat, tidak ada yang mau mengalah dan maunya menang sendiri.

Entah benar atau tidak mitos ini, namun ada seorang paranormal yang mengatakan bahwa pernikahan keduanya antara wage dan pahing ternyata sangatlah bagus.

“Wage adalah lambang kekuatan, sedang pahing adalah lambang dari kemasyuran. Ketika kombinasi ini diletakkan pada tempat yang tepat, dari mereka akan terlahir pemimpin – pemimpin besar revolusi. Kerjasama antara matahari dengan samudra salah satunya mampu “menjadikan” hujan. Jika wage pahing dapat memaksimalkan diri, dari mereka akan dapat menumbuhkan kembali kehidupan”, Ujar Kang Masrukhan (Sumber : www.Parapsikologi.Co.Id)

Itulah Jumlah neptu yang tidak boleh menikah, anda boleh percaya boleh tidak karena semua ini hanyalah prediksi manusia. Semua ada di tangan Tuhan / Allah SWT. Namun lebih amannya saya sarankan anda untuk menghindari balak atau kesialan dengan cara perbanyak berdoa, lebih mendekatkan diri kepada-NYA atau melakukan pembersihan diri / ruwatan. Dengan berbagai cara bisa dengan bantuan orang pintar untuk memberkahi anda berdua dengan doa ataupun dengan melakukan tirakat batin / spiritual sendiri.

Demikian semoga bermanfaat untuk anda, BARAKALLAH.

175 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Artikel Menarik Lainya :

Ritual Seks Pesugihan Gunung Kemukus, Mitos Atau Fakta?
[KISAH NYATA] 8 Misteri Gunung Semeru Dibalik Keindahan Alamnya
7 Mitos dan Misteri Alas Purwo Sebagai Pusat Kerajaan Jin
7 Mitos Kejatuhan Cicak di Kepala, Benarkah Tanda Kesialan?
[UNIK] Mitos Angka 13 Menurut Islam dan Menurut Negara Amerika
Misteri Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul dan Suara Ghaib Gamelan
Mitos Dan Solusi Pernikahan Ngalor Ngulon Yang Terlarang Dalam Adat Jawa
8 Mitos Gunung Slamet dan Kisah Terbelahnya Pulau Jawa

Comments

comments