Mitos Dan Solusi Pernikahan Ngalor Ngulon Yang Terlarang Dalam Adat Jawa

Mitos Dan Solusi Pernikahan Ngalor Ngulon Yang Terlarang Dalam Adat Jawa – Begitu banyak mitos dan larangan dalam pernikahan adat Jawa. Mulai dari larangan weton, misalnya weton Wage dan Pahing. Kemudian masalah posisi rumah atau letak rumah kedua mempelai / calon pengantin yang dikatakan pernikahan ngalor ngulon juga ternyata terlarang. lalu bagaimana jika keduanya mantap menikah? Apakah harus pindah rumah lebih dahulu? Dalam artikel ini akan kami bahas mengenai mitos dan solusi pernikahan ngalor ngulon yang ternyata dilarang dalam kepercayaan adat Jawa.

Kepercayaan adat Jawa memang sangat kental dan begitu diyakini kebenarannya. Mitos tentang pernikahan ngalor ngulon katanya menyebabkan ketidak harmonisan, menyebabkan bencana bagi kedua pengantin dan banyak terjadi hal hal buruk dalam pernikahannya. Namun jika dipikirkan dengan logika dimana hubungannya antara letak atau posisi rumah dengan hal hal yang terjadi sepanjang pernikahan? Ya, itulah mitos Kejawen. Apapun alasannya, entah logis atau tidak namun sudah menjadi kepercayaan yang mengakar pada diri masyarakat Jawa. Lalu, bagaimana juga solusi pernikahan ngalor ngulon? Baca selengkapnya!

Alasan Mitos Pernikahan Ngalor Ngulon

Sebelum mengetahui solusi pernikahan ngalor ngulon. Mengapa ada larangan melangsungkan pernikahan jika rumah calon pengantin memenuhi kondisi posisi rumah Ngalor Ngulon?

Seperti yang dikisahkan oleh seorang paranormal asal Kudus – Jawa tengah bernama Kang Masrukhan dimana arah ngalor itu adalah arah orang mati yang dikuburkan. Arah ngulon itu arah wajah orang mati yang dikuburkan. Jadi ngalor ngulon itu sama seperti orang mati dikuburkan. Kepercayaan yang muncul akibat ngalor-ngulon ini adalah nantinya kehidupan berumah tangga akan seperti orang mati. Rasanya seperti kematian. Bencana besar sehingga menyebabkan rumah tangga seperti mati. Bahkan sampai kepercayaan yaa anggota keluarga baik suami atau istri akan mati jika melanggar perhitungan ngalor-ngulon ini. Filosofinya pernikahan ngalor ngulon menurut orang Jawa adalah seperti itu.

Solusi Pernikahan Ngalor Ngulon Menurut Islam

Meski dalam Islam tidak ada larangan seperti ini namun solusi pernikahan ngalor ngulon dalam Islam adalah tetap berpegang pada kepercayaan Islam, percaya pada hidayah dan karunia ALLAH. Yakinlah bahwa Allah adalah yang menentukan, kematian, jodoh dan rezeki seseorang. Niat baik seperti menikah adalah niat yang diridhoi Allah sehingga tak ada yang menghalangi selama niat baik itu anda laksanakan sebagai mana mestinya.

Tetapi mitos pernikahan ngalor ngulon ini adalah sebuah kebenaran bagi penganut kepercayaan kejawen. Ada orang yang sudah mengerti ajaran islam, tetapi mati-matian mempertahankan ajaran kejawennya. Ada pula orang yang marah dan tersinggung ketika disampaikan padanya tentang ajaran islam mengenai ilmu ketuhanan yang benar benar bersih tanpa campur tangan adat istiadat. Bahkan ada orang yang dengan logikanya tetap membenarkan kedua ajaran ini dan memakai keduanya.

Solusi Pernikahan Ngalor Ngulon Versi Kejawen

Dalam adat jawa, solusi pernikahan ngalor ngulon ini adalah dengan melakukan ruwatan ghaib. Untuk membuang pengaruh negatif dari mitos yang ada. Dengan melakukan ruwatan ghaib ini insya ALLAH pernikahan ngalor ngulon yang tetap dilangsungkan ini akan tetap selamat. Kedua pengantin akan langgeng hingga mau memisahkan. Hanya Allah yang berhak mematikan seseorang.

Ruwatan ini dilakukan dengan tata cara adat Jawa yang biasanya dilakukan oleh orang pintar atau paranormal. Mendatangi paranormal menurut adat Jawa buaknlah sikap syirik atau musyrik selama paranormal ini berkiblat pada ajaran Islam, pada doa doa, wirid dan energi spiritual.

Itulah solusi pernikahan ngalor ngulon dan mitosnya yang sangat kental di kalangan masyarakat Jawa. Semoga bermanfaat untuk anda, BARAKALLAH.

 

208 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Artikel Menarik Lainya :

Mitos Daun Kelor, Anti Santet dan Penangkal Ilmu Hitam
Ritual Seks Pesugihan Gunung Kemukus, Mitos Atau Fakta?
7 Benda Pengusir Makhluk Halus Yang Sakti Ditakuti Makhluk Ghaib
Percaya Atau Tidak, 13 Mitos Rumah Tusuk Sate Ini Sungguh Mengerikan
Legenda Candi Prambanan, Mitos Putus Cinta Bila Pacaran Di Candi ini
Misteri Alas Roban Di Batang Jawa Tengah, Hutan Angker Pembuangan Mayat
Fakta dan Mitos Anak Pertama Menikah Dengan Anak Pertama dalam Adat Jawa
Mitos Jumlah Neptu Yang Tidak Boleh Menikah Menurut Primbon Jawa Kuno

Comments

comments