Misteri Nyi Roro Kidul dan Mitos Selendang Hijau di Pantai Selatan

Misteri Nyi Roro Kidul dan Mitos Selendang Hijau di Pantai Selatan –¬†Selendang hijau indentik dengan Nyi Roro Kidul, seorang Ratu Penguasa dari Pantai Selatan. Pantai Selatan Jawa yang umumnya orang sering mengunjungi Pantai Parangtritis di Jogjakarta adalah tempat yang diyakini sebagai persinggahan Nyi Roro Kidul. Disanalah kerajaan ghaib terbesar di Indonesia berdiri yang dipimpin Ratu Roro Kidul. Pantai Selatan yang sangat mempesona acapkali menjadi obyek wisata keluarga yang sangat diminati. Banyak pemuda pemudi atau remaja sampai orang tua mendatangi pantai ini. Pantai ini tak hanya digunakan sebagai obyek swisata, tapi lebih jauh kadang orang mendatangi tempat ini untuk melakukan ritual tertentu. Baik ritual pesugihan, pengasihan, pelet dan ilmu ghaib lainnya.

Pernahkah anda mendengar sebuah cerita tentang misteri Nyi Roro Kidul dan kisah mitos selendang hijau? Mitos menyatakan bahwa barang siapa datang ke pantai Selatan dengan menggunakan pakaian warna hijau maka akan mendapatkan kesialan. Bahkan didatangi kematian. Benarkah demikian? Ya, agaknya mitos ini sudah meluas hingga ke nusantara. Misteri Nyi Roro Kidul yang suka mengenakan pakaian hijau lengkap dengan selendangnya yang berwarna hijau telah berubah menjadi mitos hebat yang mendunia.

Kisah Selendang Hijau Pantai Selatan

Jika anda datang ke pantai selatan jangan sekali sekali mengenakan sesuatu yang berbau hijau atau jika anda nekat anda akan mendapatkan akibatnya. Bila ada pengunjung pantai selatan yang juga memakai pakaian hijau, Nyi Roro Kidul akan menyeret rohnya untuk dijadikan abdi. Jadi misteri Nyi Roro Kidul yang tersebar luas adalah adanya larangan memakai pakaian berwarna hijau jika berkunjung ke Pantai Selatan.

Warna hijau sejatinya adalah lambang dari warna keraton. Warna ini adalah warna yang kerap dipakai oleh keraton-keraton di Jawa. Secara logis karena mitos-mitos ini berkembang dari lingkungan keraton terutama keraton di Selatan Jawa ( Yogya dan Solo) maka sosok misteri Nyi Roro Kidul divisualisasikan sebagai peri cantik dengan balutan kebaya dan selendang hijaunya. Selanjutnya muncul kepercayaan bahwa penguasa Pantai Selatan mengambil pengunjung pantai yang berpakaian hijau sebagai prajuritnya. Padahal sebenarnya tidak ada hubungannya secara ilmiah antara laut selatan dengan pakaian hijau ini.

Apalagi di saat bulan purnama dan ada pengunjung datang memakai warna hijau, sudah pasti dia akan terseret ombak dengan cepatnya. Saat bulan purnama, ombak di pantai semakin besar. Penduduk tidak diperbolehlan berada di sekitarnya apalagi mengenakan warna hijau. Diyakini ini sebagai pertanda bahwa sang ratu penguasa Pantai Selatan akan keluar dan menampakan diri. Dia tidak ingin wujudnnya terlihat oleh manusia. Maka, diutuslah para pengawal sang ratu untuk membuat hantaman badai lebih besar daripada siang. Pertanda supaya manusia secepatnya meninggalkan tempat tersebut.

Misteri Nyi Roro Kidul hingga saat ini masih menjadi mitos yang beredar dan diyakini kepercayaannya meski secara logika sangat susah untuk dijelaskan. Tapi sangat benar adanya bila pengunjung datang memakai warna hijau pasti akan terseret arus ombak pantai selatan yang amat dahsyat. Anda bisa percaya bisa saja tidak namun ini benar adanya. Mitos memang bukan sebuah kebenaran yang hakiki namun mitos adalah keyakinan yang pasti yang sulit untuk diubah dan biasanya lebih kerap terjadi.

Sehingga tulisan ini hanyalah sebuah cara mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan terjadi pada anda tatkala mengunjungi Pantai Selatan. Ingat, meski anda tak percaya tahayul atau mitos namun berhati hati untuk tidak mengenakan baju hijau taka da salahnya bukan? Toh saya yakin baju anda untuk bepergian terutama ke pantai tak hanya warna hijau bukan?

Demikian misteri Nyi Roro Kidul mengenai mitos selendang hijau di pantai selatan. Semoga bermanfaat untuk anda.

3,421 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Comments

comments