Misteri Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul dan Suara Ghaib Gamelan

Misteri Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul dan Suara Ghaib Gamelan – Selain Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, ada sebuah air terjun yang tak kalah popular yang sangat ramai dikunjungi banyak orang. Air terjun tersebut sering dinamakan Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di Gunung Kidul, Bantul, Yogyakarta. Disana ditemukan pemandangan alam yang begitu asri dan mempesona dengan airnya yang jernih dan pohon yang menghijau. Namun dibalik pemandangan indahnya, ada banyak desas desus yang menunjukkan adanya mitos dan misteri Air terjun Sri Getuk.

Misteri yang sama dengan Alas Purwo, bahwa Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai pusatnya kerajaan jin atau kerajaan ghaib yang dipenuhi dengan para jin. Air Terjun Sri Gethuk tepat berada di Dusun Menggoran, Bleberan Playen, Gunung Kidul, yang mana area Gunung Kidul ini dipercaya menjadi salah satu wilayah angker dan cukup keramat.

Kisah Misteri Air Terjun Sri Gethuk

Misteri Air Terjun Sri Gethuk ini dipercaya karena pada zaman dahulu dikenal sebuah nama Slempet yang menjadi legenda dari desa Bleberan. Banyak orang berpendapat bahwa disana menjadi salah satu tempat kerajaan Jin yang cukup angker. Di Air Terjun itulah semua mahkluk ghaib akan berkumpul, yang dipimpin oleh jin Anggo Meduro merupakan raja Jin. Semua Jin disana tunduk dan takut kepada Anggo Meduro.

Sebagai raja Jin, ternyata Anggo Meduro menyukai suatu hal yang unik seperti gamelan, kesenian Jawa maupun karawitan. Memang sedikit aneh, entah mengapa Anggo Meduro sangat menyukai hal hal yang berbau kesenian tradisional yang jelas tentu ada asal usulnya. Sebab itulah, misteri Air Terjun Sri Gethuk dipenuhi dengan kabar bahwa apabila disana para pengunjung seringkali mendengar suara – suara seperti gamelan, akan tetapi tidak ada orang yang memainkannya. Hal ini dipercaya bahwa Jin Anggo Meduro lah yang telah memainkannya. Sang Raja Jin kerap hadir di Area Air Terjun Sri Gethuk untuk menyalurkan hobi nya memainkan gamelan.

Banyak orang berpendapat bahwa gamelan itu juga berasal dari Alam Ghaib yang artinya manusia biasa tidak bisa melihat alat gamelan tersebut kecuali orang yang memiliki ilmu kebatinan atau Ilmu Mata Batin. Alat gaib itu akan di simpan salah satu dari dua tempat, yang pertama di Sri Gethuk dan yang kedua di Mergangsan. Kedua tempat itu menjadi tempat gaib menyimpan alat ghaib seperti gamelan yang di simpan sendiri oleh Anggo Meduro. Menurut beberapa orang berpendapat bahwa konon suatu tempat untuk menyimpan instrumen gamelan dengan nama yakni Gethuk. Itulah mengapa air terjun ini dikenal dengan nama AIR TERJUN SRI GETHUK.

Itulah kisah misteri Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul Yogyakarta, semoga bermanfaat untuk anda. BARAKALLAH.

 

414 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Artikel Menarik Lainya :

Cerita Nini Pelet dan Kekuatan Pelet Luar Biasa
Sunan Kudus
Legenda Sunan Kalijaga dan Kisah Pertaubatannya
Kisah Saridin dari Lahir Hingga Bergelar Syekh Jangkung
Mengungkap Fakta Istana Nabi Sulaiman Di Pulau Jawa
Mitos Daun Kelor, Anti Santet dan Penangkal Ilmu Hitam
7 Mitos dan Misteri Alas Purwo Sebagai Pusat Kerajaan Jin
Misteri Alas Roban Di Batang Jawa Tengah, Hutan Angker Pembuangan Mayat

Comments

comments