Terkenal Mistis, Berikut Mitos Pohon Pulai Yang Dikenal Memiliki Manfaat

Terkenal Mistis, Berikut Mitos Pohon Pulai Yang Dikenal Memiliki Manfaat

Terkenal Mistis, Berikut Mitos Pohon Pulai Yang Dikenal Memiliki Manfaat – Pohon pule, pulai ataupun biasa orang banyak memanggilnya, tak hanya digunakan sebagai peneduh dari pancaran dan teriknya sinar matahari. Kerimbunannya juga dipercaya memiliki banyak manfaat. Namun tahukah anda, ada sebuah mitos yang mengatakan, tanaman ini cukup angker bila ditaruh di depan rumah.

Lalu ada sebuah mistis, dimana pohon pule ini kurang diminati banyak orang dan urung untuk menanam pohon tersebut,  Ini dia beberapa mitos pohon pulai yang dikenal memiliki manfaat.

Bisa Mengobati Kesurupan

Dalam dunia metafisika, kayu pule dianggap mempunyai potensi supernatural. Contohnya seperi, bisa menolak energi negatif dalam rumah atau di pekarangan. Kemudian, dipercaya bisa mengobati orang yang kesurupan dan mengusir roh-roh jahat dengan cara dicambuk.

Dianggap Magis

Di Bali, pohon ini dianggap angker karena tumbuh di tempat suci. Seperti, pura, kuburan, atau ada masyarakat Bali yang sengaja menanam di pekarangan rumah. Cara memindahkan pohon pule atau mengambil bagiannya pun tidak sembarangan.

Biasanya masyarakat sekitar membawa canang atau banten bersama iro mangku. Lalu, mereka berani untuk memotong bagian yang diperlukan.

Dihuni oleh Raja Jin

Mitos dari pohon ini berikutnya adalah adanya suatu kepercayaan yang menyebutkan bahwa pohonnya dihuni oleh raja jin. Tepatnya dibagian tengah dari pohon inilah yang digunakan untuk menyimpan mustikanya.

Memiliki Penunggu

Selain beringin, pohon pule menurut masyarakat Bali memiliki penunggu di dalamnya. Mitos yang beredar, pohon yang bergetah, berbatang lurus disertai dengan kulit yang halus, dianggap sebagai tempat tinggalnya makhluk halus.

Pohon Pule Digunakan Sebagai Tanaman Obat

Selain mitos yang terkenal, ada juga manfaat yang bisa diambil dari pohon ini, Adapun manfaat dari pohon pule ini digunakan sebagai tanaman obat herbal. Contohnya, pada bagian getah, bisa digunakan untuk mematangkan abses atau bengkak pada kulit. Lalu, daunnya dalam dunia tanaman herbal dapay digunakan untuk obat radang tenggorokan alami.

Kemudian daunnya juga sering digunakan sebagai obat demam, penurunan tekanan darah, diabetes, nyeri dibagian dada, dan mengurangi rasa sakit. Sedangkan kulit pohon pule bisa digunakan sebagai pewarna alami yang menghasilan warna kuning natural.

Demikian beberapa mitos mengenai pohon pulai atau pule yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat bagi kita semua.