Dianggap Ritual Mistis, Inilah Manfaat Mandi Kembang Bagi Kesehatan

Dianggap Ritual Mistis, Inilah Manfaat Mandi Kembang Bagi Kesehatan

Dianggap Ritual Mistis, Inilah Manfaat Mandi Kembang Bagi Kesehatan – Mendengar tentang mandi kembang, biasanya akan langsung dikaitkan dengan ritual-ritual yang berbau mistis. Apalagi dalam kultur masyarakat kejawen, dimana mandi kembang memang identik dengan berbagai hal-hal klenik. Dan tak bisa dipungkiri, dalam ritual apapun, baik itu ritual adat atau keagamaan, mandi kembang menjadi salah satu tradisi disana.

Tapi, terlepas dari hal itu semua, ternyata mandi kembang, terutama kelopak mawar, justru memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan apa saja itu ? Berikut ini beberapa manfaat mandi kembang untuk kesehatan yang tidak pernah anda duga sebelumnya dan ini jauh dari kesan mistis.

Berperan Sebagai Afrodisiak Alami

Kelopak mawar dalam mandi kembang sangat efektif , guna membantu seseorang merasa aktif secara seksual, dimana pada akhirnya juga akan mengendalikan beberapa organ seperti jantung, beberapa sistem saraf dan pikiran. Jadi, dengan mandi kelopak mawar akan menyehatkan jantung sekaligus melancarkan sistem peredaran darah.

Membantu Mengatasi Wasir

Manfaat selanjutnya yang di dapat adalah membantu mengatasi wasir. Hal ini karena bunga yang dipakai untuk mandi kembang, salah satunya kelopak mawar, kaya akan kandungan serat dan air serta senyawa yang dapat membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.  Dan mandi kembang dipercaya cukup efektif melawan wasir sekaligus mengatasi rasa sakitnya.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika biasa menurunkan berat dilakukan dengan diet dan olahraga yang ketat, ternyata ada opsi hal lain yang bisa anda jadikan salah cara untuk menurunkan berat badan anda, salah satunya adalah Mandi kembang dengan kelopak mawar. Hal ini dikarenakan kelopak mawar mengandung senyawa yang meningkatkan metabolisme dan membersihkan racun dari dalam tubuh kita, sehingga secara tidak langsung dapat mendorong penurunan berat badan secara perlahan.

Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Memiliki masalah dengan jerawat yang sulit teratasi, opsi mandi kembang bisa menjadi salah satu solusi tanpa obat yang cukup efektif. Kelopak mawar yang dipakai untuk mandi dan membasuh muka merupakan pelembap alami yang bersifat antibakteri. Selain itu, kelopak tersebut juga mengandung fenil etanol, dimana senyawa antiseptic tersebut efektif melawan jerawat.

Meredakan Stres dan Depresi

Stres dan depresi seringkali melanda pada sebagian orang yang memiliki banyak tekanan dan kelelahan. Seringkali kondisi ini akan memicu gangguan kecemasan hingga insomnia. Dan gejala ini bisa diminimalisir dengan mandi kembang. Menurut sebuah salah studi, saat mandi kembang menggunakan kelopak mawar, indra penciuman akan secara langsung dirangsang dengan aroma wewangian yang muncul hingga memberi efek yang menenangkan.

Demikian tadi beberapa manfaat mandi kembang untuk kesehatan tubuh kita. Jangan lagi dianggap sebagai rangkaian ritual mistis ya, semoga bermanfaat bagi kita semua.