7 Hewan Yang Disukai Malaikat, Mulai Dari Kucing Hingga Unta

7 Hewan Yang Disukai Malaikat, Mulai Dari Kucing Hingga Unta

7 Hewan Yang Disukai Malaikat, Mulai Dari Kucing Hingga Unta – Allah SWT tidak hanya menciptakan manusia saja di muka bumi ini, tetapi juga makhluk lainnya. Salah satunya adalah hewan. Selain disukai oleh para manusia, para hewan yang ada di dunia bisa juga dimanfaatkan oleh manusia, seperti dikonsumsi dan dipelihara.

Namun tahukah anda, ada beberapa hewan di dunia yang disukai oleh para Malaikat, hewan apa sajakah itu? Berikut hewan yang disukai malaikat, beberapa diantaranya membantu para Nabi.

Belalang

Belalang merupakan salah satu hewan yang disenangi oleh malaikat. Karena pada saat itu Rasulullah SAW mendatangi langit ke tujuh guna mendapatkan perintah dari Allah SWT, yang di mana, beliau saat itu melihat belalang berwarna emas dengan jumlah yang banyak dan hinggap di pohon-pohon di langit ke tujuh.

Burung Hud-Hud

Hewan yang satu ini merupakan hewan kesayangannya Nabi Sulaiman dan para Malaikat, burung Hud-Hud yang memiliki ciri-ciri berwarna terang juga dikenal sebagai hewan yang pintar dan setia, karena cara berpikirnya berbeda dengan burung lainnya.

Ikan Paus

Hewan ini terkenal karena sejarahnya pada zaman Nabi Yunus, dimana ikan paus ini menyelamatkan Nabi Yunus yang berada di tengah laut. Kemudian sang Nabi berdiam diri selama 40 hari di perut Ikan Paus karena putus asa dalam menyebarkan dakwah.

Selama 40 hari di perut ikan tersebut, akhirnya ia bangkit dan memutus rasa putus asa tersebut demi menyebarkan agama Islam ke para umatnya.

Keledai

Salah hewan yang disukai malaikat selanjutnya ialah keledai, karena hewan ini disebutkan dalam Al Qur’an sebagai contoh kekuasaannya pada umat manusia, seperti yang tertera di surat Al Baqarah 259. Allah Swt berfirman :

“Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi berubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang), kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging” (QS. Al Baqarah : 259)

Kucing

Para umat muslim pastinya sudah paham mengenai hewan kesukaan yang satu itu, yakni kucing. Selain disukai oleh Nabi Muhammad SAW, hewan yang satu ini juga di sukai para malaikat.Saking sayangnya dengan hewan ini, beliau tidak memindah hewan yang diberi nama Mueeza tersebut dari atas jubahnya ketika tertidur.

Kuda

Hewan yang terkenal cepat dan agresif ini memiliki jasa besar dalam penyebaran agama Islam selain hewan unta adalah Kuda. Dan beberapa ulama menyarankan untuk memelihara, menjaga dan merawat para Kuda.

Unta

Salah satu hewan yang disukai para malaikat dan dijamin masuk surga adalah hewan unta, yang dimana pada zaman Rasullullah, hewan ini banyak membantu perjuangan dalam dakwahnya dan membantu sebagai penunjuk Rasulullah saat hendak hijrah ke Madinah.

Demikian beberapa penjelasan mengenai binatang yang disukai oleh para Malaikat, semoga bermanfaat bagi kita semua.