10 Mitos Tempat Wisata Bikin Putus Cinta, Berani Datang Sama Pacar?

10 Mitos Tempat Wisata Bikin Putus Cinta, Berani Datang Sama Pacar? – Dalam mitos Jawa dikatakan banyak tempat wisata yang dapat menimbulkan akibat cukup fatal bila didatangi Bersama pasangan yang belum sah. Konon, ada beberapa tempat wisata alam yang dapat menyebabkan putus cinta bila sengaja datang kesana Bersama pasangannya. Nah, tempat wisata mana saja yang dapat menyebabkan putus cinta? Ini dia 10 tempat wisata bikin putus cinta jika didatangi Bersama pacar.

Candi Prambanan, Jogjakarta

Sudah umum diketahui bahwa candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata bikin putus cinta. Hal ini didasarkan pada kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, yaitu tentang kisah cinta bertepuk sebelah tangan. Roro Jonggrang yang tak mau dinikahi Bandung memberikan syarat cukup berat kepadanya yaitu membuat 1000 candi. Dengan segala kelicikan Roro Jonggrang ia pun menggagalkan usaha Bandung Bondowoso. Akhirnya Bandung pun gagal menikahi Roro Jonggrang, bahkan Roro Jonggrang dikutuknya menjadi penggenap candi yang ke 1000.

Legenda itu kemudian berkembang menjadi mitos yang menyatakan bahwa setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan akan putus. Meski banyak orang yang tak percaya dengan mitos ini namun banyak juga yang mempercayainya dan takut membawa sang kekasih ke tempat wisata bikin putus cinta ini.

Candi Gedong Songo, Semarang

Tempat wisata bikin putus cinta berikutnya yaitu Candi Gedong Songo. Candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dinamakan Gedong Songo karena memang ada 9 candi di kawasan tersebut. Percaya atau tidak, bila berada di kawasan candi ini, jangan coba-coba untuk menggombal kepada pasangan. Karena bila mengeluarkan rayuan gombal, dipercaya akan membuat hubungan percintaan akan putus di tengah jalan. Entah mengapa mitos ini berkembang luas dan dipercaya banyak orang, bahkan banyak yang terbukti kebenarannya.

Tanah Lot, di Bali

Di Bali juga terdapat mitos tempat wisata bikin putus cinta yaitu tepatnya ada di Tanah Lot. Tanah Lot merupakan sebuah pantai destinasi wisatawan yang begitu popular di Bali. Di Lokasi ini terdapat sebuah pulau dengan pura yang dijaga oleh ular suci. Konon, ular ini bisa mengabulkan doa orang yang berkunjung ke sana. Namun sayangnya ada sebuah mitos yang mengatakan untuk sepasang kekasih, oleh masyarakat setempat tidak dianjurkan masuk ke dalam pura dan menemui si ular-ular suci tersebut sebab akan menyebabkan putus hubungan. Entah benar atau tidak namun mitos ini cukup kuat dipercaya masyarakat khususnya Jawa dan Bali.

Tanjakan Cinta, Gunung Semeru

Di kawasan Gunung Semeru juga terdapat tempat wisata bikin putus cinta yang tepatnya ada di bagian tanjakan cinta. Tanjakan Cinta adalah nama sebuah tempat di bagian barat Ranu Kumbolo, pada jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Legenda dan mitos tempat ini berawal dari dua sejoli yang sudah bertunangan lalu mereka mendaki gunung Semeru bersama. Ketika melewati jalur ini, si lelaki sudah sampai di atas lebih dulu sedangkan si wanita yang kepayahan jatuh terguling dan akhirnya meninggal dunia.

Kemudian timbul sebuah desas desus barang siapa yang bisa terus berjalan tanpa henti hingga di atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang maka Jika sedang pacaran, hubungan akan berakhir bahagia. Namun bila berhenti di tengah-tengah, maka hubungan itu akan putus. Percaya?

Grajakan Nglirip, Tuban

Di Tuban juga terdapat satu tempat wisata bikin putus cinta yang cukup diyakini, yaitu Air Terjun Grajakan Nglirip. Pemandangan air terjunnya yang indah beserta kesegaran udara disini tak menutup mitos tentang tempat ini. Air terjun ini ternyata menyimpan sebuah mitos, barang siapa yang datang ke tempat ini dengan pasangan tidak resmi, maka dalam waktu 40 hari akan putus hubungan. Mitos itu dipercaya oleh banyak orang, bahkan ada yang lebih ekstrim mengatakan bila sudah bosan dengan pasangan, bawa saja ke Grajakan Nglirip. Niscaya 40 hari kemudian akan putus hubungan.

Baturaden, Malang

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Wisata Baturaden memiliki pesona air terjun dan goa yang begitu cantik lengkap dengan wahana dan arena wisatanya. Nama tempat ini berasal dari seorang anak bupati (Raden) yang ketahuan pacaran dengan anak pembantu (Batur). Karena hubungan mereka tidak disetujui, mereka berdua putus di sebuah hutan, lalu kemudian dinamakan Baturaden.  Mitos yang beredar menyatakan bahwa sebagian besar pasangan yang datang ke sana akan berakhir dengan putus.

Bukit Cinta Rawapening, Ambarawa

Tempat wisata bikin putus cinta ini terdapat di tepi Danau Rawa Pening, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabubapten Ambarawa Jawa Tengah. Di tempat wisata Bukit Cinta yang terkenal teduh dan sejuk ini terdapat mitos kalau bukan muhrim yang datang ke sana, maka hubungan mereka akan kandas di tengah jalan. Di sisi lain, tersebar mitos yang berbeda bahkan sangat bertolak belakang. Mitos tersebut menyebutkan bahwa pasangan yang ke sana justru berakhir di pelaminan sesuai namanya, Bukit Cinta berarti bukit yang dipenuhi perasaan cinta.

Air Terjun Coban Rondo, Malang

Air terjun Coban Rondo terkenal sebagai air terjun cantik yang dipenuhi unsur unsur mistis. Dahulu kala disana terdapat kisah seorang janda cantik yang ditinggal suaminya sesaat setelah pernikahan. Nama Coban Rondo sendiri berasal legenda seorang putri bernama Dewi Anjarwati yang merenungi nasibnya di batu besar di bawah air terjun setelah menjadi janda (rondo dalam bahasa Jawa) karena ditinggal mati Raden Baron Kusumo. Entah dari mana awalnya, tempat wisata ini dikenal ‘angker’ bagi mereka yang pacaran di tempat itu. Konon katanya mereka yang berani memadu kasih, membawa pacar ke tempat ini maka hubungannya tak akan sampai ke pelaminan.

Kebun Raya Bogor, Bogor

Satu lagi tempat wisata bikin putus cinta yang ada di tanah Jawa yaitu Kebun Raya Bogor. Selain sebagai tempat wisata, kebun ini juga bisa menjadi tempat anak-anak untuk belajar tentang alam dan tumbuhan. Namun siapa sangka di balik pesona alam tempat tersebut, terdapat sebuah mitos. Barang siapa yang datang ke sana dalam kondisi lajang, maka akan mendapatkan jodoh bila duduk di bawah pohon jodoh. Dan sebaliknya, bila datang ke tempat itu dalam keadaan berpasangan, maka akan kandas jalinan asmaranya bila menyeberang di jembatan warna merah yang letaknya paling utara. Padahal jembatan warna merah ini sangat bagus bila digunakan sebagai spot untuk berfoto Bersama pasangan.

Pantai Balekambang, Malang

Pantai berpasir putih ini terletak di daerah Malang Selatan, Jawa Timur. Tepatnya di Kecamatan Bantur, sekitar 65 km dari pusat  Kota Malang. Pantai yang terkenal dengan pasir putih dan pura yang ada di pulau kecil di bibir pantainya ini ternyata menyimpan sebuah mitos. Barang siapa berani pacaran di tempat ini, niscaya akan putus. Namun hal itu tidak berlaku untuk pasangan suami istri karena mereka sudah sah dan tidak akan mendapatkan kesialan misalnya berceraian atau perpisahan.

Itulah 10 tempat wisata bikin putus cinta yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda, BARAKALLAH.

 

 

159 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Comments

comments