Sejarah Batu Cincin Kecubung Pada Mitologi Yunani-romawi

Sejarah Batu Cincin Kecubung Pada Mitologi Yunani-romawi – Birthstone merupakan batu permata sebagai simbol tanggal lahir yang dianggap membawa keberuntungan dan kesehatan juga sebagai pengasihan Asmara dan Cinta. Dari banyaknya batu Birthstone, salah satunya adalah Batu Kecubung atau di sebut juga Amethyst yang di anggap sebagai Birthstone bulan Februari. Amethys berasal dari bahasa yunani yaitu Amethytos mencerminkan sifat dari batu permata ini yang mempunyai arti Obat untuk mencegah mabuk.

Dua belas lambang zodiak merupakan interpretasi astrologi dari Birthstone yang mewakili jumlah dua belas bulan dalam setahun. Batu kecubung dianggap sebagai batu kelahiran bagi semua orang dengan zodiak Aquarius, yaitu orang-orang yang lahir pada tanggal 20 Januari – 18 Februari.

Batu Cincin KecubungBatu kecubung termasuk dalam jenis Quartz atau silikon dioksida, memiliki berbagai warna yang cantik, dari biru hingga keunguan layaknya warna air. Batu kecubung dipercaya mampu mencegah dan mengobati mabuk dari pengaruh alkohol. Selain itu juga digunakan untuk mengatasi perilaku adiktif.

Pada cerita mitologi Yunani-Romawi, seorang dewa anggur yang bernama Bacchus dendam kepada Diana. Bacchus membuat pernyataan bahwa orang pertama yang ditemuinya didalam hutan akan dimakan oleh harimau miliknya.

Ternyata orang pertama yang ditemuinya adalah seorang gadis cantik bernama Amethyst. Dia adalah gadis yang sedang dalam perjalanan ke kuil Diana untuk beribadah. Kemudian Amethys diserang oleh Harimau milik Bachhus. Saat itu juga Amethys memanggil Diana, dan di ubahlah Amethyst menjadi Batu putih bersih berkilau.

Melihat itu, Bacchus merasa bersalah dan menuangkan anggur pada batu tersebut sehingga warna putihnya menjadi keunguan. Pada masa Roma kuno, arak yang sudah dicelupi batu kecubung, peminumnya tidak akan merasa mabuk. Orang-orang mesir kuno juga percaya bahwa batu kecubung memiliki kekuatan yang berguna untuk menjaga makam firaun.

Kegunaan lainya yang dipercaya adalah bahwa batu kecubung ini dapat mencegah kantuk, perlindungan, kemenangan dalam pertempuran, menjadikan cerdas dan melindungi dari sihir. Sedangkan dalam mitologi Arab, Amethyst dipercaya dapat melindungi dari mimpi buruk, asam urat serta batu yang mensimbolkan dari kesetiaan dan kekuasaan.

1,518 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Comments

comments