Cerita Legenda Nyi Roro Kidul yang Mengerikan

Cerita Legenda Nyi Roro Kidul yang Mengerikan – Nyi Roro Kidul adalah tokoh legenda yang diyakini sebagai penguasa pantai selatan. Nyi Roro Kidul dipercaya oleh kalangan keraton Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta sebagai istri ghaib Para raja di kedua keraton tersebut. Namun, mitos yang berkembang di masyarakat sunda berbeda. Masyarakat sunda meyakini bahwa Nyi Roro Kidul adalah titisan dari putri kerajaan pajajaran.

Di masa lalu, terdapat kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Raja Munding Wangi. Raja munding Wangi mempunyai putri yang cantik jelita bernama Dewi Kadita. Harapan sang raja mempunyai anak laki-laki, walaupun Putrinya cantik jelita, tapi beliau masih bersedih tidak ada keturunan yang bisa menggantikannya kelak. Sang Raja menikah lagi dengan Dewi Mutiara. Pernikahan dengan Dewi Mutiara ternyata membuat harapan Raja tersampaikan, yaitu dikaruniai anak laki-laki.

Nyi Roro KidulDewi Mutiara berharapan suatu saat putranya itu menjadi Penerus Raja tanpa ada yang menghalanginya. Dewi Mutiara yang mengharapkan tahta itu ingin menyingkirkan Dewi Kadita. Dewi Mutiara meminta sang Raja untuk menyuruh putrinya pergi dari istina, tapi sang raja marah dan tidak akan mengusir Dewi Kadita. Melihat kemarahan sang raja, Dewi Mutiara tersenyum merayu, hingga sang Raja tidak marah lagi kepadanya. Dari senyum yang manis itu, masih terdapat keinginan yang jahat, keinginan untuk menyingkirkan Dewi Kadita.

Sebelum matahari terbit, sebelum semua orang terbangun, Dewi Mutiara mengutus pembantunya mencarikan seorang dukun sakti untuk menyantet Kadita. Akhirnya kadita terbangun dengankeataan gatal-gatal ditubuhnya dan mengeluarkan bau busuk. Kadita yang sebelumnya adalah Putri yang cantik, kini seluruh tubuhnya di penuhi oleh kudis dan bau yang tidak enak. Sang Putri pun menangis kebingungan, apa yang telah terjadi pada dirinya.

Banyak tabib berdatangan di undang oleh Raja untuk menyembuhkan sang Putri, tapi tidak juga sembuh. Dewi mutiara langsung saja menyuruh Raja untuk mengusir sang Putri. Raja tahu bahwa penyakit yang di derita Putrinya itu bukanlah penyakit biasa, raja meyakini ada seseorang yang berusaha mencelakai sang putri agar keluar dari negeri itu.

Dewi Kadita yang cantik rupa, juga memiliki hati yang bersih. Walau dia tahu apa yang diperbuat oleh ibu tirinya, Dewi Kadita mendoakannya agar Sang Hyang Kersa mengampuni dosa-dosa Ibu tirinya itu. ahu Langkah demi langkah di tempuh Kadita tanpa tahu harus kemana. Sendiri berkelana waktu demi waktu dilaluinya.

Sampailah sang Putri di sebuah samudera selatan setelah berkelana selama tujuh hari tujuh malam. Dilihatnya samudera itu. Air yang jernih dan terlihat segar, lain dengan air yang ada di samudera lainnya yang berwarna biru atau hijau. Tanpa disadari, sang Putri mendengar sebuah bisikan yang menyuruhnya terjun kedalam Air laut. Dewi Kaditapun melompat kedalam laut, dan hilanglah penyakit kulitnya itu. Wajah yang sebelumnya cantik, lebih menjadi cantik lagi. Bau busuk dari tubuhnyapun berubah menjadi bau wangi. Kini ia memiliki kuasa dalam Samudera Selatan dan menjadi seorang dewi yang hidup abadi selamanya dan disebut Nyi Roro Kidul.

2,712 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Comments

comments