Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman, Ini Dia Buktinya!

Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman, Ini Dia Buktinya! – Legenda Candi Borobudur menjadi salah satu cerita legenda di Indonesia yang cukup menarik. Banyak Versi cerita yang menuliskan bagaimana terbentuknya Candi bersejarah ini dan siapa yang membangun Candi Borobudur. Candi yang terletak di Magelang – Jawa Tengah ini menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dijunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan local maupun internasional. Tak heran karena Candi Borobudur adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Mengapa Demikian?

Apakah Hal ini salah satunya adalah karena desas desus bahwa Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman ? Pernahkah Anda mendengar tentang kabar ini? Jika belum mari kita ulas cerita tentang Sejarah Candi Borobudur berikut ini.

Sejarah Pembangunan Candi Borobudur

Candi Borobudur termasuk candi Budha yang berdekatan dengan Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan candi candi lainnya. Semua candi ini termasuk candi Budha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi.

Lalu bagaimana kabar tentang Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman? Ada beberapa bukti bahwa Candi Borobudur adalah Peninggalan dari Nabi Sulaiman as. Bukti – bukti tersebut di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.

Simbol Relief Candi Borobudur Bukti Peninggalan Nabi Sulaiman

Relief yang ada pada Candi Borobudur terdapat beberapa simbol, yang mirip dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Alquran. Ada sebuah kisah tentang TABUT yaitu sebuah kotak peti milik Nabi Daud AS yang diwariskan pada Nabi Sulaiman. Peti tersebut terdapat kitab di dalamnya yaitu kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa.

Bukti selanjutnya bahwa Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman adalah adanya Pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. Terdapat pada (QS Saba [34]: 14). Saat mengetahui Sulaiman wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Buktinya di Borobudur terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan.

Selanjutnya Jin Jin itu diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. Cerita tersebut ada pada (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah Candi Prambanan.

Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman  juga terbukti saat Nabi Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. Kisah (QS An-Naml [27]: 20-22). Relief di candi borobudur juga ada, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lainnya.

Itulah tadi beberapa alasan dan bukti bahwa Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman. Semoga dapat menambah informasi bagi kita semua. BARAKALLAH.

868 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Artikel Menarik Lainya :

Cerita Malin Kundang si Anak Durhaka [LENGKAP]
Kisah Joko Tingkir dan Cerita Mustika Bertuah
Batu Menangis Cerita Legenda Kalimantan
Sejarah Batu Cincin Kecubung Pada Mitologi Yunani-romawi
Kisah Cinta Jaka Tarub dan Nawang Wulan
Cerita Legenda Batu Cinta Situ Patengan Bandung
Kisah Pulau Seprapat Juwana Pati dan Asal Usulnya
Misteri Nyi Roro Kidul dan Mitos Selendang Hijau di Pantai Selatan

Comments

comments